Beinvenido Amigo Chica'star!

Saturday 1 February 2020

Skincare Routine Wajah Berjerawat dan Berminyak

Heelluuuwww welcome back to my channel (ngomong ala-ala Suhay Salim haha), kali ini aku mau berbagi info produk skincare routine untuk merawat wajah berjerawat dan berminyak. Kenapa? Karena aku lagi senang akhir-akhir ini banyak yang bilang wajahku lebih cerah dan mulus layaknya porselen wkwk.. Malahan disangkanya aku suka perawatan ke klinik dermatologi atau ke dokter kecantikan huahaha (puas banget ketawanya). Emang sih yang ngomongnya juga orang-orang yang udah lama gak ketemu. Tapiiii seingat mereka, wajahku dulunya banyak beruntusan jerawat, walaupun sebetulnya jerawat aku bukan jerawat parah yang batu gitu sih, hanya jerawat pasir mirip biang keringet.. Ya tapi tetep aja kan yang namanya jerawat sudah menjadi musuh bagi para kaum hawa (kalau kaum adam sih cuek-cuek aja kali yaa wkwk..). Dan FYI, wajahku ini wajah-wajah kilang minyak gitu guys padahal aku bukan anak sultan pemilik bandar minyak haha.


Sebetulnya yang namanya skincare itu kan masalah cucok-cucokan ya gengs, bukan masalah harga. Emang betul sih ada harga ada kualitas, tapi yang terpenting adalah kerajinan dan keteraturan pemakaian. Sebagaimana kita tau juga, yang namanya perawatan itu harus berkesinambungan. Percuma juga kan beli skincare mahal tapi pakenya bolong-bolong seingetnya, ya gak akan bawa hasil laaahhh. Ditambah lagi, urusan skincare dan kosmetik itu jangan sampai membebani dompet. Masih banyak hal yang mesti diurusi oleh si dompet. Jadi, skincare itu yang terpenting tidak membawa masalah. Baik untuk kulit, maupun untuk dompet. Kecuali kalau kamu punya penghasilan atau uang lebih banyak, silakan beli yang lebih mahal, kalau perlu sih ke dokter kulit sekalian. Gak mau kan kulit mulus dengan skincare seharga motor tapi perut cuma dikasih makan seminggu sekali? Iyuuuwwwhhh.. Kalau maag dan sakit juga tetep aja ke rumah sakit khaaann?? Wkwk.
Okeh, tanpa berlama-lama, mari kita simak daily skincare routine akuuu..

Pagi Hari

Urutan skincare di pagi hari ala-ala Vita secara berturut-turut yaitu:
  • Facial Wash/ Facial Foam/ Facial Soap, atau apapun itu yang udahnya dibilas pakai air.
Rasanya di postinganku yang lain, aku udah sering bilang aku pakai The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Facial Wash karena itu yang aku rasa paling cucok endeus. Atau misal, baru dua bulan terakhir aku nyobain Cetaphil Gentle Skin Cleanser dan ini pembersih tanpa kandungan sabun, pastinya mild (Nanti akan aku buatin review khusus, pantengin terus blog aku yaa). Namun guys, harga produk TBS dan Cetaphil itu lumayan mahiiillll untuk diriku dan mesti nabung dulu. Jadi, kalau misal keuangan sedang tidak melimpah, aku juga gak maksain beli itu. Dan aku juga punya sabun muka lain yang murah dan mempan banget di wajahku alias recommended pisan, yaitu Sabun Hijau dan JF Sulfur Acne Protect Oily Skin. Sabun ini aku tau dari dokter kulit kakakku dulu, karena kakakku dulu jerawatnya jauh lebih parah dari aku pun mempan banget pakai ini. Oh iya, Sabun Hijau yang aku maksud emang banyak di apotek dengan berbagai merk, tapi aku pilih yang gak ada merknya. Jadi, sabunnya cuma diplastikin terus ada stiker tulisan Sabun Hijau dan komposisinya. Bentuk sabunnya oval dan teksturnya lembek. Jadi, alangkah baiknya kalau mau dipake sih dipotong-potong dulu. Beda sama sabun JF ini, yang keras dan ada butiran halus dari belerang. Harga Sabun Hijau aku udah lupa, tapi gak sampai Rp. 20.000,00, dan sabun JF ini harganya di Borma sekitar Rp. 7.000,00 saja. Terjangkau bukan? Oh iya, aku juga suka pakai sabun lain misalnya Wardah Perfect Bright Creamy Foam. Walaupun aku gak yakin juga dengan kemampuan mencerahkan yang diklaim olehnya, tapi selama gak bikin wajahku kering, lebih berminyak, atau tambah jerawatan, facial foam apapun i think it’s very fine.
Oh iya mohon maaf aku gak pakai foto hasil jepretanku karena lagi males aja haha jadinya gambar-gambar di postingan kali ini murni dari mbah gugel.
Okay nexxttt..
  • Salep Jerawat
Rekomendasi Salep Jerawat yang aku pakai ada dua, namanya Medi-Klin dan Benzolac. Aku tegaskan ya guys, aku pakai salep jerawat kalau lagi ada jerawat doang, bukan setiap hari, karena ini adalah obat. Cara ngulas salepnya juga sebagaimana umumnya, di bagian yang berjerawat aja, gak usah kemana-mana. Kalau gak ada jerawat, dari sabun muka langsung loncat aja ke bagian selanjutnya yaitu pelembab.
Nah, Medi-Klin ini sebetulnya ada dua macam, yaitu Medi-Klin biasa (kemasan orange, untuk jerawat pasir), dan Medi-Klin TR (kemasan warna ungu, untuk jerawat batu yang membandel). Yang aku pakai itu Medi-Klin orange karena itu juga saran dokter kulit kakakku dulu. Harganya sekarang sekitar Rp. 24.000,00 untuk ukuran 15 gram. Ini sungguh sangat banget sekaliiii, mempan di wajahku. Jerawatku langsung lumayan mateng aja gitu, padahal baru 5 jam. Teksturnya gel, warna putih transparan. Kalau diulas ke wajah nantinya pas udah kering jadi kayak plastik nempel di wajah, memantulkan cahaya gitu wkwk.
Untuk Benzolac, juga ada tiga macam, yaitu Benzolac 2,5, 5, dan Benzolac CL. Harganya sekitar Rp. 22.000,00 untuk ukuran 5 gram. Aku pernah pakai yang 2,5 dan 5. Beralih ke yang 5 karena waktu itu 2,5 udah mulai gak mempan. Kesininya sih aku udah jarang pakai Benzolac karena kulitku suka mengering, mengelupas, dan perih kalau pakai ini sering-sering, karena kandungan dasarnya benzoil peroksida. Jadinya, aku lebih prefer ke Medi-Klin yang gak muncul efek sampingnya di wajahku.
  • Salep bekas jerawat
Disini aku pakai Acnes Spot Care buat ngilangin dark spot bekas jerawat. Aku udah pakai 3 bulan alhamdulillah hilang pelan-pelan gak parah kayak dulu. Aku suka beli gel ini di Watsons, harganya sekitar Rp. 37.000,00-an. Mungkin kalau pakainya lebih lama bakalan bisa hilang total.
0_c3a6c1c7-65b8-4013-9f27-758609377503_700_700
  • Serum
Aku pakai serum seri Whiteness dari La Tulipe. Serum ini berfungsi mencerahkan kulit dan diperkaya ekstrak tanaman Korean Golden Bell. La Tulipe sendiri adalah kosmetik lokal asal Sidoarjo yang mungkin belum terlalu dikenal masyarakat banyak. Walaupun gitu, aku sendiri udah merasakan efek mencerahkannya yang perlahan tapi pasti, sama kayak kalau pakai kosmetik merk ternama. Harganya kurang lebih Rp. 90.000,00. Cara pakainya cukup 1-2 pump untuk seluruh wajah, jangan kebanyakan nanti serumnya susah meresap.
la-tulipe-whiteness-essential-whitening-serum-latulipe1272
  • Sunscreen
Tabir surya yang selama ini menjadi favoritku adalah Skin Aqua. Untuk Skin Aqua, aku punya dua varian yang kadang gonta-ganti pakainya gimana adanya aja di toko hahaha. Satu yang tutupnya hijau buat kulit berminyak, satu lagi tutup biru buat segala jenis kulit. Perbedaan keduanya ada di SPF dan PA. Oh iya, kayaknya aku juga bakal coba sunscreen Biore yang UV Aqua Rich deh, kayaknya bagus. Untuk harga, Skin Aqua ada di kisaran Rp. 50.000,00 sedangkan Biore aku lihat di kisaran Rp. 130.000,00. Mungkin aku bakal buat perbandingan Skin Aqua dan Biore di postingan berikutnya kalau aku udah sempat nyoba Biore. Tunggu yaa..
  • Krim pelembab alias Moisturizer Siang
Pelembab yang aku pakai yaitu Garnier Sakura White. Untuk yang pagi, namanya Garnier Sakura White Pinkish Radiance apalah itu panjang banget. Harganya Rp. 51.000,00 untuk kemasan jar isi 50 ml. Sebetulnya day cream yang aku pakai itu untuk kulit kering, dan yang untuk kulit berminyak kemasannya di tube, bukan jar yang kayak gitu. Tapi, berhubung tiga sabun muka yang suka aku pakai itu lumayan bikin minyak di wajahku memang terkontrol saking mempannya, aku suka khawatir kulitku bakal kering. Jadinya, aku pakai day cream yang di jar untuk kulit kering itu. Hasilnya? Di kulitku gak jadi oily tuh, biasa aja. Gak kering, gak minyakan lebay, tapi tetap glowing sehat. Klaimnya sih bisa membuat kulit cerah merona dan noda hitam tersamarkan. Aku udah tiga bulan pakai ini dan hasilnya lumayan bagus karena aku teratur pakainya, dan disertai night cream yang sama pula (nanti aku review belakangan). Gak bikin putih ya, camkan, tapi bikin cerah dan merona. Cerahnya pun sedikit-sedikit, gak langung instan mengerikan. Kalau untuk menyamarkan noda hitam, belum begitu signifikan sih kalau noda hitamnya lumayan pekat. Tapi kalau noda hitamnya masih ringan, alhamdulillah di keningku mulai hilang, dengan catatan jangan buru-buru ingin ada perubahan dan harus telaten pemakaiannya. Di pelembab ini juga ada bedaknya sepertinya, karena begitu diratain ke muka ada sedikit warna putih, tapi bukan putih tepung horor ya.
Garnier_Sakura_White_Whitening_Day_Cream_SPF_21_PA___50_gram
Btw aku sempat pakai night cream dari Olay, namanya Olay Night Whitening Cream White Radiance yang tutup jarnya hitam. Kesininya aku berhenti pakai itu, karena sepertinya kulitku mulai menipis tidak setebal kulit badak lagi haha. Gejalanya, aku mulai gatal-gatal dan kayak kebakar rasanya, gak kayak pertama beli sampai beberapa bulan, padahal ini Olay juga sama bagus efek mencerahkannya. Makanya, aku ganti pakai Garnier yang formulanya lebih ringan dan gak berat. Mungkin karena Olay kebanyakan ditujukan buat kulit orang yang sudah sangat dewasa yhaaa..
  • Primer Cream
Sedikit cerita soal make-up, setelah pelembab, beberapa waktu lalu aku masih pakai BB cream. Dulu BB cream-nya merk Maybelline atau Wardah Whitening yang biru. Namun, aku merasa beberapa tahun ini kalau kuliah pakai BB cream tetap aja terasa berat. Belum lagi kalau udah mulai keringetan atau habis wudhu, kan suka agak kelihatan patchy gitu, makanya aku cari cara lain supaya look aku gak jadi norak. Karena harap dimaklum aja aku orangnya malas touch up.
Sebagai pengganti BB cream, aku mulai pakai powder cream atau tone up cream. Primer cream yang sejauh ini aku pakai itu Fair & Lovely 2 in 1 Powder Cream. Ini jatuhnya jadi kayak Vaseline Insta Fair yang bisa mencerahkan dalam sekejap, yang seolah ada kayak bedak-bedaknya gitu (yaiyalah namanya aja powder cream). Sebetulnya semenjak Pond’s meluncurkan Tone Up Milk Cream baru-baru ini, aku jadi berminat pindah juga ke Pond’s haha soalnya review yang beredar juga lumayan bagus. Aku udah beli yang Pond’s, tapi belum dibuka haha nunggu yang lama habis dulu. Harga mereka kisaran Rp. 20.000,00- Rp. 25.000,00 untuk kemasan isi 20 gram.
Intinya sih si powder cream dan tone up cream ini lebih kayak pelembab berwarna juga sih, tapi ada kayak make up primernya juga. Bisa dijadiin alas bedak tapi agak translucent gitu karena warnanya putih. Jadi, kalau diratain ke wajah, warnanya jatuhnya putih samar, bukan krem kayak BB cream. Formulanya juga lebih ringan dan gak cakey, tapi bikin bedak jadi tahan lama. Pokoknya kalau buat aku sih natural look banget. Tapi memang kalau berharap yang bisa menutupi ketidaksempurnaan atau menyamarkan sesuatu, lebih baik pakai BB cream aja.
  • Bedak dan make-up
Nah kalau ini sih suka-suka kalian aja ya, karena aku lagi gak membahas make-up. Kalian bisa pakai bedak, lipstik, blush, atau apapun sesuai occasion yang akan dihadiri. Oh iya sekilas info, sejauh ini aku pakai bedak Marck’s dan Pond’s BB Magic Powder yang baru aja launching hahaha. Kalian bisa lihat review Pond’s BB Magic Powder yang sedang aku gilai iinnniiihhh di halaman ini https://walkingthroughthelight.wordpress.com/2018/06/07/review-ponds-bb-magic-powder/
Nah itu dia skincare routine aku di pagi hari. Berikutnya untuk malam hari.

Malam Hari

Untuk skincare routine di malam hari, ini dia..
  • Facial Wash/ Facial Foam/ Facial Soap sama seperti pagi hari. Cuci mukanya sehabis ativitas dan mau tidur
  • Facial Scrub. Aku pakai merk St. Ives Apricot. Wanginya enak, scrubnya besar, ampuh bikin kulit mulus. Harganya sekitar Rp. 77.000,00 kalau di Watson. Tapi ingat, cuci muka pakai scrub ini jangan sering-sering nanti kulitnya jadi rentan jerawat. Cukup 3-4 hari sekali. Aku cinta banget sama scrub ini karena enak banget dipakai dan bikin kulit makin kenyal plus mulus. Malah kadang aku suka jadi ragu, ini kulit mulus karena serum, pelembab, atau scrub ini ya? Kok kayaknya malah si scrub yang berperan paling banyak.. Hmmmm..
GUEST_aa7ffbd3-599e-47a7-875e-f33ac581ae92
  • Toner (dipakai kadang-kadang jika memang diperlukan), merknya Wardah Lightening Face Toner. Aku pakai toner kalau sekiranya wajahnya terasa berat dan benar-benar kotor. Kalau sekiranya udah bersih sehabis cuci muka, ya udah gak pakai toner. Aku juga gak mau terlalu banyak numpuk produk skincare di wajah sih sebenernya. Semakin banyak produk yang dipakai, justru malah jadi gak ada perubahan karena komposisi antarproduk jadi bersinggungan kan.. Btw mungkin ada diantara kalian yang udah tau kalau aku pernah pakai Toner dari The Body Shop yang Aloe Vera, tapi kesininya aku udah gak pakai itu karena jadi suka rasa kebakar. Lagian aku jarang-jarang pakai toner jadinya sayang uang kalau harus beli dari merk TBS. Entah kenapa ya aku kalau mulai gak cocok sama satu skincare atau kosmetik pasti rasanya gatal dan kayak kebakar. Sebetulnya gak mesti Wardah sih, apa aja yang penting cocok dan sesuai kebutuhan. Nah, berhubung aku cuma butuh toner pembersih dan untuk pH balance ya udah rasanya ini juga cukup. Lagian pas beli tonernya di supermarket, aku cari yang wanginya enak. Kebetulan banget kulit wajah aku gak alergi sama fragrance jadinya cucok hehe. Harganya aku lupa lagi tapi gak mahal kok.
cky-wardah-lightening-face-toner-skin-care-beauty-wanita-face-toner-0
Oh iya, aku juga pernah nemu sih beberapa vlogger yang pakai toner cuka apel. Jadinya beli cuka apel sebotol gitu, terus dicampur air sampai secair toner. Tapi aku belum coba sih, katanya bagus buat kulit berjerawat cepat hilangnya. Itu juga nampaknya sih recommended juga..
  • Salep jerawat dengan merk yang sama seperti pagi hari, itupun kalau ada jerawat
  • Salep bekas jerawat, dengan merk yang sama seperti di pagi hari
  • Serum, dengan merk yang sama seperti di pagi hari
  • Krim Malam, merknya Garnier Sakura, satu rangkaian dengan krim pelembab siang yang udah aku jelaskan sebelumnya. Untuk volume 50 ml kalian bisa beli dengan harga Rp. 70.400,00.
9931101_758e0be5-2026-4661-870e-15ea0d6ea30c
Nah, selesai deehhh.. Udah kok, cuma segitu aja.. Intinya sih cuma di sabun pencuci muka sama pelembab aja. Jangan lupa amunisi salep jerawat kali aja jerawatnya sedang muncul. Aku juga kadang kalau lagi iseng suka pakai sheet mask pas malam hari, jadi pelembab malamnya diganti sheet mask. Selebihnya sih ya gitu-gitu aja. Aku gak pakai jenis skincare product yang lainnya karena seperti aku bilang, kebanyakan produk juga gak bagus buat kulit. Kalau kalian mau coba skincare routine ala aku, boleh juga, dengan catatan mungkin hasil setiap orang akan berbeda. Bagi kalian yang masih mahasiswa atau baru punya kerja, ingin skincare yang ramah di kantong, bisa tiru skincare routine aku. Yang terpenting dari skincare itu adalah sesuai budget dan telaten. Semoga postinganku ali ini bisa membantu para wanita endonesah yang sedang galau memikirkan jerawatnya..

No comments:

Post a Comment

Cewek Idaman itu yang cantiknya NATURAL?

"nggak usah pake make up atau skincare yang aneh-aneh,cuci muka aja udah cukup" Pernah denger ada yang ngomong gini? Kebanyak...

Recent Post